bintang.my.id Mamabery Chips Gourmet MIRSYA BUDIARSI, PENGGAGAS KOLABORASI HANTARAN IDUL FITRI DALAM MEMBERDAYAKAN UKM

MIRSYA BUDIARSI, PENGGAGAS KOLABORASI HANTARAN IDUL FITRI DALAM MEMBERDAYAKAN UKM



Ramadhan & Lebaran kali ini akan sangat berbeda, karena kita tidak bisa bertemu langsung dengan keluarga, sanak saudara dan teman-teman untuk bersilaturahim.

Mirsya Budiarsi, pemilik usaha kudapan sehat Mamabery Chips Gourmet menggagas sebuah kampanye kreatif yang bisa menjadi inspirasi bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Wanita yang akrab disapa Mirsya ini menyampaikan “Ide awalnya sangat sederhana. Saya ingin menghadirkan hantaran yang look-nya simple namun menarik, dan tanpa plastik sekali pakai, sehingga saat itu tercetus ide untuk berkolaborasi dengan pengrajin UKM tas anyaman. Saya memberikan inspirasi2 motif yang lebih kontemporer dan kekinian ke UKM pengrajin anyaman di Ponorogo, Jawa Timur, dan ternyata mereka bisa mewujudkan karya yang saya impikan, yang waktu itu saya namakan Tas Jakarta”

Lebih lanjut Mirsya menyampaikan “Sambutan pelanggan terhadap konsep tas hampers kami sangat baik karena selain reusable, tapi juga sangat in-trend & fashionable. Kami mendapatkan total pesanan hantaran sebanyak 1,200 secara organik. Berkahnya pengrajin anyaman ikut tersejahterakan”
Ibu Binti (penganyam tas usia 45 tahun) menyampaikan “Saya merasa terbantu sekali dengan adanya orderan dari Mbak Mirsya. Untuk keseharian, saya hanya mengandalkan hasil panen 3 bulan sekali, tapi setelah adanya orderan yang bagi kami jumlahnya banyak sekali ini, sehingga bantu pendapatan kami saat masa tidak panen”

Lulu (Ibu Rumah Tangga, 38 tahun) koordinator penganyam menyampaikan “Dalam keseharian saya mengkoordinir para ibu rumah tangga dan anak anak remaja disekitar kami untuk membikin tas anyaman yang dijual ke pasar tradisional. Karena tempat jualan hanya di pasar tradisional jadi permintaan tas tidak begitu banyak, hanya sebatas tas hajatan, sembako dan tas belanja biasa. Setelah Mbak Mirsya dari Mamaberry Chips Gourmet memberikan orderan pada kami untuk mengerjakan Tas Jakarta tahun lalu, kami benar benar kewalahan pada awalnya. Akhirnya saya berusaha memberikan pelatihan anak anak remaja dan ibu rumah tangga yang lain untuk membantu pengerjaan orderan dari Mamaberry sebanyak lebih dari 1000 pcs lebih pada lebaran tahun lalu. Dan alhamdulillah dari 10 penganyam sekarang sudah menjadi 30 penganyam aktif. Dan sekarang kali ketiga Mamaberry memberikan kepercayaan pada kami untuk mengerjakan hampersnya. Kami benar-benar terbantu dan bersyukur sekali bisa bekerjasama karena bisa meningkatkan perekonomian kami semua”

Mirsya menyampaikan “Sebagai pelaku usaha, kita harus berdiri diatas apa yang kita mampu dan berpikir lebih kreatif, bukan hanya untuk bertahan di masa pandemi ini, namun juga untuk memberikan impact yang lebih besar lagi ke society. Saatnya kita lebih peduli untuk membantu satu sama lain”
Mirsya menggagas sebuah kampanye kreatif bertajuk #SilaturahimDariRumah dengan menghadirkan Stay-At-Home Gifts, atau hantaran Idul Fitri yang isinya sangat berarti dan relevan di situasi pandemi.

“Berlebaran di masa pandemi ini tentunya kita semua jadi lebih sadar untuk hidup lebih sehat, salah satunya dengan konsumsi makanan dan kudapan sehat. Selain itu kita ingin beribadah dengan lebih semangat, dan tentunya meningkatkan higienitas dirumah kita agar seluruh keluarga terhindar dari penyakit” ungkap Mirsya

Berdasarkan pemikiran ini, Mirsya mengajak teman-teman pengusaha lain yang memiliki misi untuk menginspirasi nilai-nilai kebaikan bergabung dalam kolaborasi kreatif ini. Isi hantarannya menjadi lebih beragam, tidak hanya kue lebaran dan kudapan sehat tanpa MSG dari Mamaberry Chips Gourmet, namun ada juga perlengkapan sholat dari RiaMiranda & Ultimate U, serta didukung oleh Sahaja – produk perlindungan higienis untuk dirumah.
Program ini bukan hampers pada umumnya, ada semangat nilai kebaikan dan optimisme yang diusung, sehingga Mirsya berharap akan diapresiasi oleh pelanggan dan lebih banyak lagi pengrajin UKM anyaman yang tersejahterakan.

Dalam diskusi Facebook live bertajuk “Kolaborasi Kreatif Dalam Memberdayakan UKM” hari minggu (10/5/2020) kemarin, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan “saya melihat strategic partnership yang digagas teman-teman entrepreneurs ini sebagai ‘new normal’ yang bisa menjadi inspirasi dan benchmark untuk UKM lainnya di situasi Pandemi. Ini adalah suatu kolaborasi kreatif yang memiliki dampak positif dalam penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan usaha mikro pengrajin